Jika bertanya apakah hubungan komunikasi dan multimedia di jaman sekarang ini maka banyak sekali,  peranan multimedia sangat banyak membantu dalam berbagai bidang, dalam bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya. Sebagai praktisi PR (Public Relation) maka multimedia sangat membantu, ketika akan presentasi didepan klien atau berhubungan jarak jauh dengan klien-klien yang berada diluar daerah bahkan diluar negeri dapat dibantu dengan sarana multimedia. Di era yang sangat canggih ini aplikasi-aplikasi yang ada dalam smartphone diutamakan dapat menunjang komunikasi dengan multimedia. Dengan aplikasi-aplikasi itu kita dapat bertukar informasi dengan sarana multimedia, katakanlah sebagai contoh berbagi mp3 atau  video, dapat menggunakan aplikasi dalam smartphone, tidak perlu repot-repot dan ribet lagi. Kita bahkan bisa berbagi dengan teman yang tidak berada didekat kita. Dimasa sekarang ini, konsumen lebih tertarik untuk mencari informasi tentang barang-barang yang diperlukan melalui media internet, dalam website berbasis multimedia membuat hal tersebut menjadi lebih mudah. Sebagai contoh dengan adanya gambar ataupun video maka konsumen akan mendapatkan kejelasan tentang barang yang ingin dibeli tanpa harus repot-repot dating langsung ke tempat penjualan. Kemudian untuk pembelajaran para siswa, dengan adanya multimedia maka, penyampaian pesan ataupun informasi saat belajar menjadi lebih mudah dan lebih jelas serta lebih menarik, objek-objek pelajaran bisa ditampilkan dengan lebih jelas, semisal objek biologi yang hendak dilihat atau presentasi dikelas yang menggunakan slide, dengan adanya bantuan multimedia maka seorang guru dapat memperlihatkan objek tersebut lebih detail, tidak hanya melalui text book yang ada. Proses komunikasi yang terjadi antara guru dan murid terbantu dengan adanya multimedia tersebut. Apakah sebagai praktisi PR (public relation) kita harus mengikuti perkembangan zaman yang ada? Sudah pasti jawabannya adalah IYA. Sangat penting untuk seorang praktisi PR (public relation) untuk terus update dengan perkembangan jaman yang ada, apabila ada trend twitter maka seorang PR wajib untuk mengetahui dan mengelola dengan sebaik-baiknya aplikasi tersebut. Untuk tetap dapat meraih segala lapisan karena seorang PR wajib dapat berkomunikasi dengan berbagai macam orang dan juga kalangan. Sehingga mengikuti perkembangan yang ada sangat penting. Dengan adanya multimedia ini, diharapkan seorang praktisi PR untuk dapat mandiri. Dapat mengembangkan dirinya dan orang lain. Dengan multimedia sebagai contohnya saja dalam kehidupan seorang mahasiswa, ketika presentasi dalam kelas, maka mereka akan menggunakan slide (ms.powerpoint) untuk memperjelas dan menarik perhatian teman-teman untuk menyimak, dengan adanya penggabungan gambar, text, animasi, suara, dan bahkan video, apa yang hendak mahasiswa tersebut sampaikan menjadi lebih jelas, mereka pun dapat menjalin pemahaman yang lebih baik terhadap materi yang disampaikan.

Berbagai fungsi multimedia dalam kehidupan sehari-hari kita

Sebagai contoh:

Dibidang kesehatan, adanya USG dan foto rongten membantu para dokter dalam menangani pasien-pasiennya.

Dibidang transportasi, dengan adanya GPS maka memungkinkan untuk melacak lokasi kendaraan.

Dibidang seni dan hiburan tentu multimedia banyak digunakan dalam berbagai aplikasi game, animasi, para pengguna diberikan control untuk mengendalikan gerak animasi dalam game.

Dibidang teknik, simulasi-simulasi yang ditampilkan baik secara dua dimensi maupun tiga dimensi menjadi lebih detail.

Dibidang bisnis, multimedia dapat digunakan untuk promosi, presentasi dan lain-lainya, apalagi jika sebuah perusahaan memiliki website berbasis multimedia maka seperti yang dijelaskan sebelumnya hal itu dapat mempermudah klien atau konsumen dalam berkomunikasi baik untuk melakukan pemesanan atau melihat katalog barang yang ditawarkan tanpa harus repot-repot dating langsung. Sehingga proses penjualan (apabila perusahaan penjualan online) bisa dilakukan tanpa makan banyak biaya dan waktu. Disediakannya keterangan berupa text, gambar dan bahkan video membuat konsumen tertarik dan melakukan proses transaksi.

Kesimpulannya adalah, proses komunikasi yang terjadi dengan multimedia dan juga web menbuat komunikasi berjalan cepat, tidak memakan banyak biaya, membantu pembelajaran dan membantu dalam penggambaran secara visual dan auditori menjadi lebih detail dan jelas.

Tinggalkan komentar